Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Saturday, September 18, 2010

Sepeda Onthel, Sepeda Unik nan Kian Langka

KOTA JOGJA: Di tengah modernitas alat transportasi ternyata sepeda masih cukup diminati. Sepeda banyak ditemui sebagai alat transportasi di Jogja. Salah satu jenis sepeda yang cukup diincar dan digemari masyarakat adalah jenis sepeda onthel. 

Sepeda onthel adalah jenis sepeda yang menarik dan unik. Desainya tinggi dengan bentuk kemudi unik pula. Wahyu Nur Arianto (23tahun), pria asal Magelang yang tinggal di Jogja ini menuturkan dengan bersepeda onthel rasanya sangat nikmat dan seakan bisa menikmati suasana Jogja tempo dulu.

Kini bersepeda onthel memang sedang digemari anak muda Jogja, baik pendatang maupun asli Jogja. Bentuknya yang unik serta sudah langka ini, sepeda onthel memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta sepeda.

Menurut Prapto, pria 78 tahun yang telah berjualan sepeda mulai tahun 1956 ini, sepeda onthel memang banyak kembali dicari saat ini. "Mungkin karena unik dan sudah langka," tambah Prapto.

Saat ini sepeda onthel model lama tak lagi diproduksi. Tak heran, harga sepeda onthel bermodel tua bisa menembus belasan juta rupiah.

Masyarakat mengincar sepeda buatan luar negeri, seperti Jerman dan Belanda. Sepeda onthel buatan Jerman atau Belanda mempunyai rangka yang lebih kuat. Untuk onthel buatan Indonesia memiliki kualitas rangka yang tidak sebagus buatan Jerman maupun Belanda. 

"Sepeda onthel yang banyak dicari adalah sepeda onthel buatan Jerman dan Belanda. Harganya bisa mencapai Rp 15 juta. Tapi kalau buatan Indonesia paling cuma Rp 500ribu," ungkap Pranoto ketika ditemui Berita Jogja di tempat berjualan, di pasar Gappsta, kawasan Pugeran Jogja.

Pembeli sepeda onthel di pasar Gappsta, menurut Pranoto selain warga Jogja, juga berasal dari Jakarta, Jawa Tengah dan surabaya. Menurut Pranoto, mereka datang ke Jogja hanya untuk membeli sepeda karena bentuknya yang unik dan langka.(BJ-35) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP