Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Yuk, Nyeruput Kehangatan Wedang Tahu

Wedang tahu hangat dan lembut (Foto : Rani DL)

YOGYA (KRjogja.com) - Siapa yang tidak mengenal wedang tahu namun ironisnya minuman penghangat badan ini semakin jarang dijumpai.

Konon wedang tahu ini berasal dari Tiongkok yangdikenal sebagai minuman khas Semarang. Bagi penggilanya, menyeruput wedang tahu memiliki sensasi dan nostalgia tersendiri. Hangatnya kuah jahe hingga lembutnya kembang tahu yang nikmat membuat minuman ini seakan tak tertandingi.

Wedang tahu merupakan minuman yang cocok diminum pada cuaca dingin. Kuahnya mirip seperti kuah minuman ronde yang terbuat dari rebusan Jahe dan gula merah. Yang membedakan wedang tahu dengan wedang ronde tentu dari resep pelengkapnya yang jauh lebih sederhana dan minim warna. Tampilan wedang tahu memang sangat sederhana dan minimalis. Namun jangan ragukan rasanya.

Bahan dari wedang tahu ini berasal? dari kembang tahu. Saking lembutnya, kembang tahu yang disantap, dengan segera langsung lumer di mulut, serasa seperti bubur sumsum yang gurih. Kembang tahu ini didapatkan dari sari kedelai yang diblender dan diberi sedikit pengental.? Kedelai blender tersebut kemudian direbus dan hasil rebusannya dituang dengan cara ujungnya diangkat hingga akhirnya keluar soda. Soda disingkirkan, dan akhirnya kembang tahu ditaruh di wadah dan siap untuk dibuat wedang.

Di daerah Yogyakarta, wedang tahu bisa dijumpai di sebuah warung Pandanaran daerah Terban, atau cobalah melintas di jalan arah prambanan. Anda akan menemukan warung wedang tahu disana. Pelengkap warung wedang tahu biasanya juga menyediakan tahu pong dan tahu petis. Selamat mencoba. 
(Ran) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP