Surabaya (ANTARA News) - Pelukis asal Surabaya, Cak Kandar, menjadwalkan memamerkan lukisannya yang berkolaborasi dengan teknologi informatika bertajuk "Now" yang digelar di Hotel Bumi, Surabaya, 24 November, dan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

"Saya melihat nilai yang positif dan menarik dari kolaborasi antara lukisan biasa dengan perpaduan teknologi informatika melalui program di komputer. Syukurlah hasilnya sangat memuaskan," ujar Cak Kandar dalam konferensi pers di Surabaya, Selasa.

Dalam pameran yang berlangsung selama dua pekan ke depan, ada sekitar 20 lukisan yang dipajang. Di antaranya berjudul "Bisik-bisik", "Bersandar", "Habis Gelap Terbitlah Terang", serta 17 lukisan lainnya.

Gambar dalam semua lukisan, lanjut dia, diambil melalui kamera kesayangan yang baru dibelinya dan mengambil objek keluarga, kerabat dekatnya, maupun dirinya sendiri.

Seperti halnya lukisan berjudul "Saya! Kamu! Dia!, yang objek lukisannya menggambarkan diri Cak Kandar sendiri.

"Lukisan itu saya buat karena banyak dari diri kita, politisi, maupun selebriti yang saling menyalahkan, dan berebut saling membantah. Inilah situasi yang terjadi sekarang," ucap seniman berambut gondrong kelahiran 62 tahun lalu itu.

Ia menjelaskan, lukisan kolaborasi dengan teknologi ini proses awalnya yakni memotret, memasukkan foto ke program "photoshop", kemudian melukisnya dengan cat di kain kanvas.

Ia mengaku tidak khawatir kehilangan nilai seni dari sebuah karya proses lukisan. Dikatakannya, menggunakan teknologi atau tidak bukan perkara benar dan salah dalam nilai sebuah kesenian.

"Antara gambar asli dengan gambar tambahan sekitar fifty-fifty. Pengolaborasian dengan teknologi ini memberikan kemudahan pekerjaan," papar seniman yang rencananya akhir tahun ini menggelar pameran di lokalisasi Dolly.
(T.ANT-165/C004/P003) Sumber