Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Wednesday, August 18, 2010

Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul

Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul merupakan sentra kerajinan kulit. Tempat ini menjadijujugan (tujuan pertama) bagi wisatawan yang ingin mencari sovenir yang terbuat dari kulit. Di desa kerajinan ini, wisatawan bisa mendapatkan jaket, tas, dompet, sepatu, ikat pinggang dan lain-lain. Aneka hasil kerajinan tangan ini dipajang di show room  pinggir jalan Imogiri Barat. Harga yang ditawarkan relatif murah.
Bila kurang selera dengan hasil kerajinan yang dipajang, wisatawan bisa memesannya sesuai dengan selera, baik model maupun bahan bakunya. ''Paling bagus terbuat dari kulit domba. Tetapi harganya lebih mahal,'' kata Sarjimin, Ketua Paguyuban Pengusaha Sabdodadi seperti dikutip Kedaulatan Rakyat, Sabtu (24/1/2009). Untuk jaket, kata Sarjimin, harganya berkisar Rp 750-800 ribu. ''Bahan kulit domba ini pori-porinya kecil, berstektur lembut, sehingga setelah dicuci dan diperas, kulit tetap lentur dan halus,'' katanya.
Kepiawaian warga Manding mengolah kulit diperoleh secara turun temurun. Menurut Sarjimin, perjalanan kerajinan kulit dipelopori tiga pemuda Manding pada tahun 1947 yaitu Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo dan Wardi Utomo. Ketiganya, semula sebagai perusahaan kulit di Kota Yogyakarta yang memproduksi pakaian, pelana kuda. Kemudian mendirikan usaha sendiri dengan memproduksi tas, jaket dan lain-lain. Saat ini, di Manding ada 75 pengrajin kulit. *** Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP