Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Friday, August 13, 2010

Orang Jawa di Suriname

 Salam sejahtera untuk semua, kali ini saya akan membahas tentang orang-orang Indonesia yang dibawa oleh Belanda pada jaman penjajahan dan dipaksa tinggal di Suriname. Mungkin tidak semua orang yang berada di Suriname adalah orang Indonesia banyak pula orang-orang keturunan Afrika serta orang India & Tiongkok. Orang-orang Jawa dibawa Belanda untuk dipekerjakan diperkebunan gula yang berada disana pada tahun 1800-an. Beragam cara orang Jawa bisa sampai ke Suriname, ada yang dipaksa atau diculik dari desa-desa. Dan tidak hanya orang Jawa yang dibawa oleh Belanda banyak juga orang-orang Batak, Madura, Sunda dan daerah lain di Indonesia.


Dengan menyebarnya orang Jawa di Suriname, sampai-sampai ada desa disana yang bernama tamanredjo dan tamansari. Serta ada pula yang berkumpul di Marienburg.Sesungguhnya masih banyak kerabat orang Jawa walau harus terpisah jauh dari sanak saudara. Makanya bahasa Jawa tetap berkumandang ditanah Suriname. Pada saat orang-orang Indonesia di Suriname telah mengetahui kalau Indonesia telah merdeka banyak yang kembali pulang ke tanah air, namun tidak banyak yang beruntung bisa kembali ke tanah air, itu saja malahan di tanah Sumatra dan daerah Indonesia lainnya. Pada tahun 1975 Suriname merdeka dari Belanda, saat itu orang-orang yang termasuk orang Jawa diberi pilihan untuk tetap tinggal di Suriname atau hengkang ke Belanda dan banyak yang akhirnya yang pindah ke Belanda dan sebagian menetap di Suriname. Rata-rata orang Jawa di Suriname adalah muslim dan ada juga sebagian yang beragama selain Islam.


Dan hal yang paling menarik di tanah Suriname tentang orang Jawa adalah mereka dilarang menikah dengan cucu atau kerabat orang satu kapal yang dibawa ke Suriname. mereka telah menganggap orang-orang satu kapal adalah saudara dan jumlah orang Jawa yang berada di Suriname adalah 15 % penduduk Suriname.

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP