Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Bebas Kolesterol Dengan Tongseng Dan Sate Jamur

Nikmat dan bebas kolesterol dengan tongseng jamur (Foto : Fira N)

SLEMAN (KRjogja.com) - Daging ayam, sapi atau kambing menjadi bahan dasar utama untuk mengolah masakan menjadi tongseng atau sate. Rasanya memang nikmat tiada tara, namun bagi yang berpantangan mengkonsumsinya, bukan nikmat yang terasa, melainkan sakit luar biasa.

Sejumlah penyakit bakal datang setelah mengkonsumsi daging-daging segar yang sudah 'disulap' menjadi aneka masakan lezat menggoda selera. Sebut saja, kolesterol, darah tinggi hingga stoke. Namun, bagi penyuka jenis masakan itu bisa berbesar hati. Bahan dasar yang 'jahat' itu digantikan dengan bahan lain, jamur.

Jamur tidak hanya diolah menjadi keripik atau menjadi bahan pelangkap masakan lainya. Di Jejamuran Restro, Nironm Pandowoharjo, Sleman bisa dimanfaatkan menjadi tongseng ataupun sate yang tidak kalah lezatnya.

“Meskipun berbahan jamur, rasa sate dan tongsengnya nyamleng tenan. Rasanya, tidak berbeda jauh dengan sate ataupun tongsengberbahan daging,” ujar pemilik warung Ratudjo setengah berpromosi kepada KRjogja.com belum lama ini.

Ratudjo mengaku menggunakan resep yang sama namun lebih sederhana. Misalnya, bawang merah, cabe rawit, tomat dan kuah gula santan ditambah kubis serta jamur tiram dan jamur merang. Prosesnya pun juga cukup mudah.

"Pertama, irisan bawang merah, cabe rawit dan tomat ditumis hingga layu. Kemudian, irisan jamur tiram dan merang serta kubis dimasukkan. Setelah cukup matang, baru ditambahkan kuah santan gulai dan kecap sebagai penambah rasa," ujarnya tanpa merahasiakan resep andalannya ini.

Tempat makan yang bersih dengan variasi jenis makanan dan suasana nyaman di pedesaan, rasanya pantas menjadi tempat jujukan di akhir pekan. Bahkan, menjadi salah satu sasaran kuliner di Yogyakarta. Bahkan, harga yang ditawarkan juga tidak sampai menimbulkan 'kolesterol' pada dompet anda. (Fir) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP