Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Nasi Goreng Nanas, Makanan Unik Berbuka Puasa

Nasi goreng nanas buatan Kedai Pak Muji.

PURWOREJO(KRjogja.com) - Berbuka puasa tidak hanya dengan menyantap hidangan yang dingin, dan serba cair. Buah-buahan juga merupakan salah satu hidangan pembuka untuk berbuka puasa. Ada bermacam cara 'memodifikasi' buah-buahan agar nikmat disantap. Antara lain, dengan membuatnya sebagai pelengkap dalam nasi goreng.
"Nikmat rasanya, ternyata nasi goreng dengan buah nenas bisa untuk mengawali buka puasa. Soalnya rasa buah nenasnya segar," terang Dodo (28), pelanggan nasi goreng Kedai Pak Muji di Purworejo, Selasa (24/8).
Menurutnya, makan nasi goreng buah nanas buatan Muji (41) pemilik Kedai Pak Muji di Jalan Veteran kompleks Satria Plaza Purworejo bisa menjadi santapan pembuka selama Ramadhan. "Sepertinya sudah cukup nasi goreng nanas, menu itu bisa menggantikan kolak atau es buah. Itu lantaran sama segarnya," imbuhnya.
Muji menuturkan, nasi goreng nenas bikinannya menjadi salah satu menu yang paling dicari selama Puasa Ramadhan. Menurutnya, pelanggan yang menjalankan puasa menginginkan nasi goreng nenas lantaran kesegaran yang ditawarkan.
Dijelaskan, dalam nasi goreng nanas, Muji mencampurkan buah nanas segar ke dalam masakan. "Buah dipotong-potong, lantas dimasukkan ke dalam masakan. Nasi goreng dimasak tidak begitu lama, sehingga buah nanas tidak layu, dan masih terasa segar," jelasnya.
Muji membuat nasi goreng nanas dengan menggunakan sejumlah bumbu seperti penyedap, garam, bawang, cabe. Untuk menguatkan rasa, ia menggunakan margarin untuk menggoreng nasi. Tentunya, untuk membuat segar, Muji mencampurkan buah nanas segar.
Setiap hari Muji menghabiskan lima kilogram nasi. Lanjutnya, lima kilogram nasi itu cukup untuk membuat sekitar 30 piring nasi goreng nanas. Ia menjual nasi goreng nanas Rp 8 ribu setiap porsi. "Setiap hari hanya bawa lima kilogram saja, dan pasti habis," tuturnya.
Pelanggan Kedai Pak Muji berasal dari Kabupaten Purworejo dan kota lain di sekitarnya. Bahkan, setiap sebulan sekali, ada pelanggan asal Kota Yogyakarta, Magelang, Kebumen yang sengaja datang ke Purworejo untuk mencicipi masakan Muji. "Bahkan ada yang dari Jakarta, saat ke Purworejo mereka menyempatkan diri ke kedai saya. Namun, khusus nasi goreng nanas, kebanyakan orang Purworejo saja, sebab jika terlalu malam, menu itu bisa habis," ucapnya. (R-1) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP