Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Saturday, September 18, 2010

Goa Rancang Kencono, Goa Eksotisme Yang Bersejarah

GUNUNG KIDUL_Gunung Kidul memang kaya dengan wisata gua. Salah satunya adalah Gua Rancang kencono. Gua yang terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul ini selain menawarkan eksotismenya juga merupakan tempat bersejarah.

Gua Rancang Kencono merupakan gua purba. Bukti bahwa merupakan gua purba dibuktikan dengan temuan fosil ataupun artefak batu, artefak tulang dan artefak moluska di Gua Rancang kencono tersebut.

Menurut Kepala Desa Bleberan, Tri Harjono, selain gua purba, gua ini juga merupakan gua bersejarah.

"Gua ini dulunya menjadi tempat atau merencanakan strategi perang antara laskar mataram dalam mengatasi penjajahan Belanda pada waktu itu." ungkap Tri.

Dalam penelitian dan penyusuran sejarah tempat ini, Gua Rancang Kencono juga menjadi tempat pertemuan Pangeran Diponegoro dan Sentot Prawirodirjo serta petinggi kerajaan mataram.

Menurut Tri Harjono, nama Gua Rancang Kencana berarti tempat untuk perencanaan. Sedang kencono artinya adalah emas. Gua ini mempunyai ruang-ruang, yaitu ruang aula besar ukuran 50x15 dengan ketinggian 15meter dan ruang semedi ukuran 3x3 meter.

Untuk dapat menempuh Gua Rancang kencono, dapat ditempuh dengan kendaraan mobil atau bus menuju Desa Bleberan, sekitar 10 km dari Kota Kecamatan Playen. Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP