Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Lezatnya Sup Terpedo

Terpedo kambing yang telah siap dikonsumsi. (Foto : Ivan Aditya)

JANGAN dulu keburu jijik dengan makanan yang satu ini, karena jika sudah tersaji dalam bentuk jadi menu makanan, rasanya pun tak kalah lezatnya dengan menu yang lainnya. Inilah sup dengan menu dari buah zakar hewan kambing, selain rasanya yang lezat, ternyata buah zakar kambing yang diolah ala sup ini dipercaya pula mampu meningkatkan vitalitas seksual kaum pria.
Orang Jawa sering menyebut organ buah zakar ini dengan sebutan terpedo. Salah satu menu unik sup terpedo kambing ini bisa ditemui di kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Jalan Cik Ditiro. Menurut Nurdin Abid (48) atau yang akrab disapa Bang Udin ini, menu terpedo kambing di warungnya tersebut selalu menjadi incaran kuliner para penikmatnya.
Warung Bang Udin yang buka sejak jam 17.00 WIB hingga 23.30 WIB ini selalu ramai dikunjungi pada waktu-waktu malam hari. Beraneka menu penganan dengan bahan dasar kambing tersedia di warung ini, dari kepala kambing, jeroan, kaki dan bagian dari hewan kambing lainnya tersaji dalam bentuk kuah sup atau juga kuah kari.
Namun untuk menu andalannya, yakni terpedo kambing, semenjak senja menjelang malam hari, itu sudah habis tak bersisa lagi. “Kalau sup terpedo biasanya jam 19.00 WIB sudah habis duluan, soalnya menu tersebut banyak yang menggemari,” terang Bang Udin.
Di warung ini, para pembeli bebas memilih bagian dari hewan kambing tersebut untuk disantapnya beserta pilihan kuah sup atau kuah kari, itu sesuai selera perut penikmatnya. Setelah memilih bagian-bagian kambing yang akan kita makan, kemudian oleh pelayan, mangkuk itu telah siap untuk diberi kuah sup atau kari yang lezat tersebut.
Dikatakan oleh pria satu anak ini, resep menu special sup terpedo kambing ini dibawanya lansung dari tanah kelahirannya, Aceh. “Walaupun di Aceh menu seperti ini jarang, bahkan tidak ada, namun karena ini merupakan resep keluarga, jadi tetap saya kembangkan di sini,” katanya.
Penambah Vitalitas Seksual
Menu terpedo hewan kambing menjadi sangat digemari, terutama oleh kaum Adam, lantaran anggapan yang meyakini dengan mengkonsumsi terpedo kambing ini, konon dapat meningkatkan vitalitas kaum pria. “Semua yang dari daging kambing, apalagi pada bagian terpedonya, itu sangat bagus untuk menunjang daya vitalitas pria,” aku Bang Udin.
Hal ini ada benarnya juga, karena pada bagian daging kambing itulah akan terdapat banyak kandungan protein dan kandungan lemak yang sangat bagus jika kaum pria mengkonsumsinya. Kadar tersebut akan mampu untuk meningkatkan kemampuan kaum pria di atas ranjang, selain itu dengan mengkonsumsi kadar protein yang tinggi diyakini pula mampu untuk meningkatkan kualitas sperma. “Jadi wajar saja jika yang beli di sini kebanyakan adalah kaum pria,” katanya seolah meyakinkan.
Bicara soal rasa, ternyata terpedo kambing ini sangat lezat sekali. Menu satu porsi yang seharga Rp 10.500 ini, akan terdiri dari sebuah terpedo kambing segar yang diiris lembut serta dicampur dengan kuah sup khas Bang Udin.
Cita rasa serta aroma khas sup akan terasa, belum lagi rasa terpedo itu sendiri yang lunak, lebih lunak dari daging, kenyal serta tak berserat. Lemak yang terdapat pada daging atau bagian lain dari menu kambing ini mampu membuat badan terasa hangat, ditambah lagi kuah sup dengan sedikit bumbu rempah yang juga membuat hangat di badan.
Menurut Bang Udin, selain untuk meningkatkan vitalitas, dengan mengkonsumsi menu bagian dari hewan kambing dapat pula untuk meningkatkan tensi darah bagi mereka penderita darah rendah. “Timbulnya rasa hangat di badan tersebut, pengaruh dari banyaknya kadar lemak yang terkandung didalamnya,” terangnya. 

Terpedo Bagian Yang Sulit Didapat
Dari tahun 1997, Bang Udin telah memulai usaha warung sup terpedo kambing ini, hal lucu yang dialaminya, yakni ketika stock dari terpedo itu sulit didapat, mengingat terpedo hanya akan ada dua buah saja pada setiap satu kambing jantan. “Itu belum lagi kalau yang disembelih adalah kambing betina, sudah pasti itu tidak akan memiliki terpedo,” candanya.
Namun setidaknya, dalam setiap harinya, dirinya mampu mendatangkan sekitar 3 – 5 kg terpedo kambing, yang setiap kologramnya akan terdiri dari kurang lebih 8 – 10 biji terpedo seharga kurang lebih 50 ribu rupiah. “Seperti itu tidak tentu, tapi dalam seharinya, menu terpedo pasti ada. Kadang-kadang juga bisa mendapatkan 7 – 8 kg terpedo dalam sehari,” tambahnya.
Bang Udin pun mengatakan, untuk mendapatkan terpedo kambing, dirinya sudah memiliki agen pembeli terpedo hampir di seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Gedeg tersebut. Ketika membeli, dirinya sudah menerima dalam bentuk bersih dan tinggal memasak saja.
Menu sup terpedo kambing ini kini sudah begitu dikenal di seantero Yogyakarta, Jawa Tengah, bahkan hampir se-pulau Jawa. Ada beberapa langganan tetapnya dari luar kota yang jauh-jauh menyempatkan diri untuk berwisata kuliner dengan menyantap sup terpedo di warung Bang Udin ini.
Dikatakan Bang Udin, pernah juga mantan Menteri Agama RI, Said Agil ketika kunjungan di Kota Yogyakarta pun menyempatkan mampir dan menikmati sup terpedo di warungnya tersebut. “Dulu Pak Agil menyantapnya di dalam mobil, sedangkan yang memesankan adalah staffnya,” aku Bang Udin. (Ivan Aditya) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP