Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Mencicipi Tongseng Codhot Yang Diyakini Sembuhkan Asma

bahan Baku tongseng codhot sebelum diolah. (Foto: Rani Aiera)

YOGYA (KRjogja.com) - Santapan tongseng dengan bahan dasar daging kambing, sapi atau ayam, mungkin sudah menjadi hal biasa. Bosan dengan menu tersebut, tak ada salahnya mencicipi tongseng yang satu ini. Dengan bahan baku daging codhot (hewan sejenis kelelawar), tongseng ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit asma.

Romiyati, pemilik usaha warung tongseng codhot mengaku mendapatkan inspirasi untuk menyajikan menu kuliner ekstrim ini dari hobi suaminya yang sering menembak burung, tupai dan codhot. Mulanya, ia hanya menyajikan masakan hasil buruan suaminya tersebut untuk keluarga. Kemudian ia mencoba menjualnya di warung dan ternyata banyak dilirik masyarakat.

Bahan utama untuk membuat tongseng ini relatif mudah dan sederhana. Daging codhot yang sudah dibersihkan, direbus hingga matang. Potong kecil-kecil dan masak dengan wajan beserta sedikit air. Setelah mendidih, cukup tambahkan bumbu ketumbar, bawang merah, bawang putih dan merica yang telah dihaluskan. Berikan garam, penyedap rasa dan kecap lalu tunggu hingga kuah meresap. Hidangan tongseng codhot pun siap disajikan.

Menurut Romiyati, ia biasa mendapatkan daging codhot dari daerah Panggang Wonosari dengan harga Rp3.000 tiap biji. "Setelah jadi tongseng saya jual Rp7.000 tiap porsi. Tongseng ini cukup laris dan banyak digemari karena dipercaya bisa menghilangkan penyakit asma," katanya.

Salah satu pembeli hidangan tongseng, Pujiasih mengaku gemar menyantap tongseng di warung ini. "Saya sering makan tongseng disini karena sudah merasakan khasiatnya. Biasanya usai bekerja seharian, badan sering pegal-pegal dan pusing. Tetapi setelah mencoba hidangan tongseng disini, capek di badan jadi hilang. Rasanya juga enak dan harganya terjangkau," tuturnya.

Warung tongseng ini buka mulai pukul 15.00 sore hingga 22.00 malam. Selain menyajikan hidangan tongseng codhot, warung yang terletak di Jalan Bantul KM 5,5 ini juga menyediakan tongseng bajing dan burung emprit. Harga jual untuk satu porsi tongseng bajing adalah Rp15.000 dan tongseng emprit Rp8.000. Kedua tongseng tersebut juga dipercaya memiliki khasiat. Diantaranya obat darah tinggi untuk tongseng bajing dan obat asam urat serta penambah stamina untuk tongseng emprit.
 (Ran) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP