Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Saturday, September 18, 2010

Sebelas Museum Untuk Tahun Kunjung Museum 2010

Sleman: Sebanyak 11 museum yang berada di wilayah Sleman menyatakan sikap dan kesiapannya untuk mendukung program Tahun Kunjung Museum 2010 yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Kesiapan tersebut muncul dalam acara koordinasi penyusunan program untuk mendukung Tahun Kunjung Museum 2010 yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Selasa, 9 Februari 2010 di Ruang Rapat Disbudpar Sleman. Ke-11 museum tersebut adalah Museum Affandi, Museum Geoteknologi Mineral UPN, Museum Gunungapi Merapi, Museum Mandala Bhakti Wanitatama, Museum Ullen Sentalu, Museum Nyoman Gunarsa, Museum Pancasila Sakti, Museum Paleoanthropologi UGM, Museum TNI AU Dirgantara Mandala, dan Museum Prambanan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs  Untoro Budiharjo, "Ke-11 museum di Sleman tersebut merupakan asset yang perlu terus dipertahankan sehingga dapat mendukung perkembangan kepariwisataan daerah." Sejalan dengan program Tahun Kunjung Museum 2010 pihak Disbudpar berupaya menginisiasi dan menggandeng pihak-pihak terkait yaitu Barahmus dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga yang diharapkan dapat mendukung dengan langkah nyata melalui program-program kunjungan dari siswa-siswa sekolah mulai dari TK hingga sekolah menengah atas. Keterkaitan Disdikpora dengan program Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan hal yang sangat signifikan mengingat sasaran utama program tersebut adalah siswa-siswa sekolah dan generasi muda.

Sementara itu Ketua Barahmus DIY Thomas mengatakan bahwa program Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik pada tanggal 30 Desember 2009. Program inidimaksudkan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan arti penting museum dan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke museum.  Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan bagian integral dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) 2010 - 2015. 

Keberadaan museum merupakan sesuatu yang penting bagi pembangunan. Konsep menemukan dunia baru dari masa lampau menjadikan museum memiliki peranan yang signifikan yaitu dengan memberikan aspek kesejarahan yang bermanfaat bagi generasi penerus bangsa. 

Banyak hal yang tersimpan dalam museum sehingga dapat memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi masyarakat. Namun kenyataannya selama ini museum masih terpinggirkan dari perhatian banyak pihak, diantaranya kunjungan siswa sekolah ke museum tergolong masih rendah. Seandainyapun ada kunjungan ke museum belum banyak yang berupaya mencermati secara mendalam. Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP