Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Saturday, September 18, 2010

Sego Segawe, Aksi Nyata Selamatkan Bumi

KOTA JOGJA :  Sego segawe merupakan kependekan dari “sepeda kanggo sekolah dan nyambut gawe”, merupakan gerakan mengembalikan dan membangkitkan nilai kebutuhan masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu moda transportasi. 

Herry Zudianto, Walikota Yogyakarta mengatakan gerakan sego segawe dalam jangka pendek bertujuan untuk  membangkitkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat bahwa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi
dapat mengurangi polusi. "Target awal adalah mengajak warga menggunakan sepeda ke sekolah, bekerja maupun kegiatan lainnya dalam jarak dekat," paparnya.

Sedang dalam jangka panjang, lanjut Herry, diharapkan gerakan ini akan menurunkan penggunaan kendaraan bermotor. "Sehinga mengurangi polusi, terjadi efisiensi energi, menuju kota yang lebih humanis, meningkatkan derajat kesehatan," imbuhnya.

Sejak launching  sego segawe pada 13 Oktober 2008  hinga penghujung tahun ini, respon masyarakat terhadap program segosegawe sangat baik. Hingga kini telah terbentuk 63 klub sepeda dari berbagai kelompok masyarakat, sekolah, institusi pemerintah dan swasta.

Pada tahun 2009 diusulkan anggaran untuk penyediaan jalur khusus sepeda, yang dilengkapi dengan rambu dan leaflet. "Jalur khusus sepeda ini melintasi jalan kampung yang berhubungan dengan jalan utama, sehingga dapat meningkatkan arus mobilitas lewat jalan kampung yang sekaligus terjadi multiplier effect, peningkatan perekonomian atau tumbuhnya aktivitas ekonomi baru dalam kampung," kata Herry. (BJ-33) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP