Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Saturday, September 18, 2010

Kulonprogo Kembangkan Pembibitan Nyamplung


KULONPROGO - Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BB PBPTH) Yogyakarta akan mengembangkan pembibitan tanaman nyamplung dan akasia unggul di Kulonprogo. Pengembangan dilakukan dengan pembuatan plot pembibitan di Desa Karangwuni, Wates dan Jangkaran, Temon.

Kepala BB PBPTH Yogyakarta Yufi'ie, mengatakan pengembangan bibit nyamplung dan akasia unggul di Kulon Progo diutamakan untuk kepentingan penelitian. Namun demikian, di masa depan akan dilakukan pengembangan dan budidaya tanaman. Kedua jenis tanaman tersebut, kata dia, memang belum banyak dikembangkan oleh masyarakat.

"Padahal keduanya mempunyai potensi ekonomis yang cukup besar. Terutama, tanaman nyamplung yang buahnya bisa diolah sebagai bahan bio energi," katanya.

Dituturkan oleh Yufi'ie, plot pembibitan akan dibangun di 2 lokasi. Di Desa Jangkaran untuk nyamplung seluas 2,25 hektar dan akasia 1 ha. Sedang di Karangwuni hanya untuk pembibitan akasia seluas 1 ha. "Ini untuk tahap I, pada tahap II nanti akan kami tambah 5 hektar lagi," jelasnya.

Bupati Kulonprogo, Toyo Santosoi Dipo menyambut baik program dari BB PBPTH Yogyakarta tersebut. Karena, menurut dia, Kulonprogo memiliki potensi pengembangan hutan rakyat yang sangat prospektif. Pada 5 tahun terakhir, kata dia, terjadi peningkatan jumah tanaman di kawasan hutan rakyat yang sangat tajam. Karena setiap tahun Pemkab memprogramkan penanaman 1 juta pohon yang harus hidup.

"Dengan adanya pengembangan tanaman nyamplung dan akasia unggul akan menambah jumlah pohon, yang dengan demikian akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Terutama tanaman nyamplung yang memiliki fungsi ganda untuk meningkatan ekosistem dan ekonomi masyarakat. Buahnya merupakan bahan dasar bio fuel yang harganya cukup tinggi," katanya.*** Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP