Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Hi.. Ada 'Setan' di Nasi Goreng Ledok Ratmakan

Nasi goreng super pedas nan lezat (Foto : Fira Nurfiani)

YOGYA (KRjogja.com) - Bagi anda penggemar nasi goreng, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner yang satu ini, nasi goreng setan. Dari namanya sudah cukup membuat penasaran, sementara soal rasa, dijamin akan membuat para penikmatnya ketagihan.

Apabila anda berada di Kota Yogyakarta, sempatkan sejenak mampir ke lokasi kuliner yang dulu dikenal dengan Sego Goreng Pete (SGPT) ini. Lokasinya tepat berada di Ledok Ratmakan, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Lokasi kuliner satu ini berada di kediaman Noer Farida yang nyelempit di gang kecil selatan Kantor Pos Ratmakan.

Noer Farida mengaku tidak tahu kapan awalnya SGPT-nya dikenal dengan sebutan nasi goreng setan. Sebutan nasi goreng setan, konon juga lantaran untuk menggambarkan saking lamanya waktu menunggu nasi goreng tersaji di meja, terlebih saat ramai. Maklum, Noer Farida meracik satu per satu pesanan nasi goreng dari para pembelinya langsung.

Menariknya, Noer selalu tahu apa yang diinginkan oleh para pelanggannya. Tidak jarang, bagi yang sudah berlangganan, mereka biasanya akan SMS atau telepon dulu untuk dibuatkan nasi goreng pesanannya. “Saya tidak masalah jika konsumen mau request, misalnya mau nasi goreng yang pedes asin, pedes manis, tidak pedes atau lainnya. Di sini ada yang sampai minta sambelnya layaknya genggaman tangan orang dewasa,” ujarnya saat ditemui di warungnya.

Lebih lanjut Noer Farida mengatakan dulunya dia membuka warung nasi gorengnya di Jalan Parangtritis. Namun lantaran tempat tinggalnya pindah ke kawasan Ratmakan, warung nasi gorengnya pun turut berpindah. “Dulu sempat pula di pinggir jalan, tapi ternyata badan saya tidak mampu kena angin malam. Pasalnya waktu itu terus sering sakit-sakitan. Akhirnya pindah ke dapur rumah sendiri,” tutur Noer Farida.

Di tempat ini, para penikmat kuliner memang bisa melihat sendiri cara Noer Farida meracik nasi gorengnya. Seporsi nasi goreng berisi kerupuk udang, telur, suwiran daging ayam, lalapan seperti tomat hingga daun kemangi dan tidak ketinggalan adalah campuran pete jika konsumen menghendaki untu satu porsi nasi goreng setan pembeli hanya membayar Rp.9.000 per porsi “Setiap orang memiliki sensitivitas rasa tersendiri. Ini yang mungkin kadang terlupakan,” pungkasnya. 
(Fir) Sumber

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP