Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Rendang Menu Wajib Saat Berlebaran

Masakan Rendang. (Foto: Fira N)

YOGYA (KRjogja.com) - Menu khas lebaran salah satunya rendang daging yang rasanya yang nikmat sungguh menggoda selera. Masakan khas Padang Sumetera Barat ini sangat digemari seluruh masyarakat karean rasa dan bumbunya yang dipakai bisa disesuaikan sesuai selera penikmatnya. Tidaklah heran menu ini menjadi salah satu menu favorit yang tidak pernah absen dari menu masakan lebaran keluarga.
"Jika pada lebaran maka kita akan menemukan rendang. Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri," ungkap pemilik Rumah Makan Sari Rasa, Sutiyatmi, Sabtu (11/9).
Sutiyatmi mengatakan selain bahan-bahan untuk membuatnya mudah didapatkan baik di pasar tradisional mupun di supermarket, cara membuatnya pun tidaklah sulit bagi pemula yang baru mencoba ingin memasak. Resepnya adalah daging sapi, daun kunyit, daun jeruk, serai, pekak, kelapa parut, santan dan minyak goreng. Sedangkan untuk bumbu halusnya bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri,? jinten, ketumbar, kunyit, jahe serta garam secukupnya
"Cara membuatnya terlebih dahulu masukan minyak hingga panas kemudian tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum," ujarnya.
Kemudian dipaparkanya setelah semua bukmbu halys ditumis matang masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih. "Kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan maka rendang siap untuk disajikan dan disantap," ujarnya.
Ditambahakannya jika daging yang digunakan ingin cepat lunak, sebaiknya masukkan daging jika bumbu sudah berminyak. (Fir) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP