Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Tuesday, September 28, 2010

Nikmatnya, Si Ayam Berkubang Dalam Santan Putih

Opor ayam yang menggugah selera (Foto : Fira Nurfiani)

YOGYA (KRjogja.com) - Hari lebaran telah tiba. Semua umat muslim sudah bersiap sejak lama untuk menyambut hari raya yang identik dengan ketupat ini. Salah satunya menyiapkan sajian istimewa yang dinikmati bersama sekeluarga seperti lontong opor.


Ya, masakan bersantan kental dengan kubangan potongan ayam ini menjadi warisan kuliner istimewa dari Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Namun, saat ini semua lidah bangsa indonesia menyukai gurih dan kelezatannya.

"Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan. Bumbu itu adalahserai, kencur, dan sebagainya," ujar pemilik katering, Sri Sumarni saat ditemui KRjogja.com, Jumat (10/9)

Sri mengatakan dalam tradisi Jawa, perayaan lebaran biasanya dibuat meriah dengan ketupat bersanding dengan opor ayam dan sambal goreng ati. Sedangkan bahan pembuat opor ayam mudah didapatkan seperti ayam kampung, santan encer dan kental, garam, gula pasir, air asam, batang serai, daun jeruk. Lainya cengkeh, kayu manis, daun salam. Sedangkan untuk bumbu halusnya diperlukan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, merica bubuk, pala bubuk, kemiri dan jahe.

Sri menjelaskan cara memasaknya terlebih dahulu didihkan santan encer, kemudian masukan ayam dan air asam. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukan ke rebusan ayam bersama telur rebus. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk biar gak pecah. Jangan lupa dicemplungkan garam dan gula.

"Setelah ayam empuk dan kuah berkurang, masukkan santan kental. Didihkan lagi 10 menit sambil terus diaduk.Angkat dan sajikan dengan nasi ato ketupat, plus taburan bawang goreng," ujarnya.

Sri memberian tips jika memakai ayam ras setelah dipotong-potong lumuri ayam dengan air jeruk dan diamkan selama 30 menit, bilas dan kukus terlebih dahulu selama 15 menit. 

"Kaldunya dibuang saja karena ayam ras kalau dibikin opor rada anyir dan makin lama kuahnya makin kental seperti agar - agar," pungkasnya. (Fir) Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP