Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Monday, October 25, 2010

Berbuka Puasa Dengan Bubur Syurba

Berbuka Puasa Dengan Bubur SyurbaSitubondo - Beragam menu bisa menjadi alternatif berbuka puasa anda. Bagi anda yang menyukai menu bubur tidak ada salahnya untuk mencobanya dengan "syurba" atau bubur khas timur tengah ini.

Bagi warga timur tengah, syurba mungkin dianggap menu biasa - biasa saja. Namun tidak demikian bagi masyarakat muslim di Kota Situbondo, Jawa Timur, yang menganggap syurba sebagai makanan yang terbilang baru dan unik. Bahkan, bagi warga timur tengah syurba memiliki khasiat yang konon bisa meningkatkan stamina bagi kaum adam.

Menurut salah seorang penikmat bubur syurba, Andi, bubur khas arab itu sangat enak dan bercitarasa manis, disamping memberikan kehangatan badan sehingga tubuh terasa segar dan bersemangat.

Karena itu, setiap bulan puasa ia selalu mengawali berbuka dengan membeli bubur syurba karena bisa membuat badan tidak lemas setelah seharian berpuasa dan bekerja. 

Menurut Andi, menyantap bubur syurba terasa semakin gurih ketika ditambahkan kecap dan air jeruk sehingga citarasanya semakin mantap. "Pokoknya enak mas kalau ndak percaya silakan mencobanya,"kata Andi seraya mempromosikan makanan khas timur tengah itu.

Pendapat serupa juga disampaikan Kapolres Situbondo, AKBP Imam Thobroni, yang juga mengaku sebagai salah satu penikmat menu timur tengah tersebut.

Menurutnya, campuran rempah - rempah khas arab yang ditambah dengan daging kambing yang telah dihaluskan memberikan rasa bubur syurba sangat nikmat dibanding bubur lainnya. 

"Apalagi ditambah kecap dan air jeruk pecel diatasnya, syurba makin terasa nendang,"katanya. 

Sementara itu salah seorang pembuat bubur syurba, Ahmad Al Muhdar, menjelaskan bubur khas timur tengah ini memang sangat cocok dikonsumsi pada bulan puasa. Selain sebagai makanan pembuka, juga berkhasiat menambah stamina.

Untuk membuat bubur syurba, kata Ahmad , bahan yang dibutuhkan antara lain rempah - rempah khas timur tengah yang sudah dihaluskan ditambah dengan daging kambing yang di haluskan dan gandum khas timur tengah.

"Ramuan itu dijadikan satu kemudian diolah sedemikian rupa seperti membuat bubur pada umumnya hingga selama empat jam, dan syurbapun siap disantap,"ujarnya. 

Menurut Ahmad, mengkonsumsi bubur syurba lebih nikmat lagi jika dibarengi dengan minuman syahi atau teh khas arab. "Pokoknya makin afdol,"katanya. Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP