Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Monday, October 25, 2010

Lezatnya Sate Jamur Tiram Bernutrisi Tinggi

Lezatnya Sate Jamur Tiram Bernutrisi TinggiJember - Ketika mendengar kata sate, tentu yang terbayang di benak kita adalah sate yang berbahan daging hewan seperti sate kambing, sate ayam dan sate kelinci.

Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, anda bisa menikmati sate berbahan jamur yakni sate jamur tiram yang cukup lezat dengan perpaduan bumbu kacang dan kecap yang menggoda selera makan.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) termasuk jamur pangan potensial yang mempunyai gizi tinggi, dengan kandungan senyawa aktif yang penting untuk kesehatan tubuh.

Jamur tiram sebagai sayuran, aman dikonsumsi setiap hari karena merupakan sumber yang baik untuk asam-asam amino yang diperlukan membentuk protein dalam tubuh, sumber vitamin terutama vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan provitamin D2 (ergosterol), dan sumber mineral terutama kalium dan fosfor.

Selain rasanya yang lezat, jamur tiram memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, sehingga anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi makanan berbahan jamur tiram. Bahkan anda yang memiliki masalah dengan kolesterol.

Jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus karena mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori, bagus untuk liver, penderita diabetes, menurunkan berat badan, berserat tinggi membantu pencernaan, antiviral dan antikanker.

Kandungan serat pada jamur tiram yaitu lignoselulosa sangat baik untuk pencernaan. Hasil penelitian USDA (United Stated Drugs and Administration) menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol, sehingga jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderida hiperkolesterol.

Selain itu, manfaat jamur tiram antara lain sebagai sumber protein rendah kalori, antioksidan jamur tiram juga mengandung folid acid yang tinggi (folid acid dipercaya dapat menyembuhkan anemia).

Penjual sate jamur tiram di kawasan Pujasera Jember, Dian Anggraini, mengatakan, pengolahan jamur tiram menjadi sate hampir sama dengan cara memasak sate pada umumnya, dan bumbu sate jamur tiram juga sama dengan bumbu sate ayam atau sate kambing.

"Jamur tiram dibersihkan dan dipotong-potong, kemudian diberi bumbu kacang ditambah kecap, dan dibakar dengan tusukan sate. Cukup mudah pembuatannya," kata Dian.

Menurut dia, lamanya membakar sate jamur tiram tidak sama seperti membakar sate ayam atau sate kambing, membakar sate jamur tiram perlu beberapa menit saja.

"Pada saat membakar sate jamur tiram, harus sering diolesi bumbu sate, sehingga bumbu bisa menyerap ke dalam jamur tiram yang dibakar, tentu rasanya akan lebih nikmat," katanya.

Harga satu porsi sate jamur tiram sebesar Rp8 ribu, sehingga terjangkau untuk masyarakat yang ingin mendapatkan makanan lezat dan bergizi tinggi.

Anda yang ingin mencicipi sate jamur yang lezat dan mendapatkan khasiat kesehatan dari jamur tiram tersebut, anda dapat berkunjung ke kawasan Pujasera Jember yang terletak di Jalan PB Sudirman, setiap hari. Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP