Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Friday, October 1, 2010

Berburu Sarapan Pagi Khas Tuban Jawa Timur

Pagi di Tuban Jawa Timur datang sekitar 1 jam lebih cepat di banding Jakarta. Tentunya bukan dalam arti jamnya beda, melainkan dalam artian datangnya sinar matahari. Ya jika anda ke Tuban jam 4 pagi langitnya sudah seperti di Jakarta pada jam 5 pagi. Maka nggak heran jika di Tuban pukul 4 pagi jalanan sudah ramai orang berjalan jalan dan bersepeda, bahkan beberapa pedagang jajanan pagi kebanyakan dagangannya sudah habis pada pukul 6 pagi. Luar Biasa ya …. kuliner pagi yang patut diburu jika anda ke Tuban adalah serabi dan ketan. Ini dia lokasinya.
Serabi Selong Tuban
Waktu SD saya suka dibelikan papa serabi. Papa menyebutnya serabi selong, saya sendiri sampai sekarang nggak tau apakah arti ’selong’ (wakakaka malas banget ya tinggal nanya papa aja aku nggak nanya, ya ya ya … biar anda penasaran dan kalau ke Tuban cari tau sendiri dah apa arti ’selong’). Tapi saya sendiri nggak tau, serabi tersebut memang namanya serabi selong atau papa saya aja mengada ada dengan menyebutnya serabi selong.
Cukup sudah soal nama, sekarang langsung ke Rasa. Serabi selong yang ‘ngangenin’ ini terbuat dari tepung beras asli yang kemudian diguyur dengan santan murni segar. Yang membedakan serabi ini dengan serabi di kota lain, menurut saya karena serabi ini dibuat secara tradisional di pagi hari buta oleh seorang nenek yang setia berdagang serabi semenjak dulu dengan rasa yang selalu sama dan dengan bahan bahan tersegar dihari itu. Hasilnya adalah sebuah serabi gurih yang tidak pernah membuat saya bosan
Bahan yang asli tepung beras pun tidak membuat perut merasa kembung mekar, melainkan sama saja seperti makan nasi, kenyangnya enak. Karena dibakar dengan menggunakan tembikar asli tanah liat padat dengan bara dari kayu, serabi ini memiliki aroma gosong yang sangat khas. Gosong gosongan ini pula lah yang membuat saya jatuh cinta pada serabi si mbok. Ya beda tangan beda rasa kan? Jadi kalau yang ngipas bukan si mbok ini ya rasanya juga beda. Mantab betul.
Dagangannya tak pernah banyak. Maka buka pukul 4 subuh sering kali serabinya sudah habis pukul 5 atau paling lama pukul 6 pagi. Maka sangat disarankan jika benar benar ingin merasakan nikmatnya serabi si mbok ini, ya datanglah pagi pagi seperti saya, jam 4.30 pagi. Karena datang terlambat, anda mesti ngantri bahkan terancam kehabisan. Harganya sangat murah meriah, yaitu Rp. 1.000 perbiji nya.
Ketan Serundengan Tuban
Di sebelah serabi si mbok, ada penjual ketan. Namun ketan langganan saya bukan disini. Melainkan ketan serundeng di Jalan Basuki Rahmat, tepat di depan Bravo Tuban.
Ketan ini juga buka pukul 4 subuh dan sudah ludes pukul 5.30 an pagi. Dengan harga Rp. 2.000,-/ bungkus, ketan ini memiliki kelebihan dari bahan bahan yang digunakan. Ketannya sangat pulen dengan serundeng pedas yang sangat gurih. Pedasnya juga bukan melulu pedas melainkan bercampur dengan manis gula dan asin garam + gurih dari parutan kelapa segar.
Ketan ini enak sekali diminum dengan kopi panas yang juga di jual disana dengan harga 1000 rupiah pergelasnya. Lumayan, pagi pagi kenyang enak. Siap untuk memulai hari!!! Nah gimana? Jika anda berada di Tuban, sekarang sudah tau kan enaknya sarapan apa pagi ini?
Alamat Serabi Selong : Jl. Lukman Hakim Gg Ikhlas no 35 KebonSari Tuban Jatim. Sedangkan Alamat Ketan Serundeng : Jl Basuki Rahmat depan Bravo.

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP