Gabung dan hasilkan uang dengan memasang iklan di kumpulblogger.com
Share |

Monday, October 25, 2010

Manjakan Selera Dengan Tongkol Jahe Bakar

Manjakan Selera Dengan Tongkol Jahe BakarSitubondo - Beragam menu bisa anda siapkan untuk memanjakan selera. Salah satunya menu unik khas etnis Madura bisa menjadi alternatif berbuka puasa anda. 

Menu ini mungkin masih asing ditelinga, namun bagi masyarakat pesisir Situbondo menu ini tidak asing dan cocok dinikmati dengan sajian khas orang desa. Tongkol bakar jahe, itulah warga setempat menyebutnya. 

Seorang Warga Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Situbondo, Ninik, adalah orang yang pertama kali memperkenalkan menu tongkol bakar bumbu jahe. 

Menu yang satu ini memang khas karena tongkol yang akan dibakar adalah tongkol segar yang langsung dari hasil tangkapan nelayan, tanpa menunggu sehari atau dua hari untuk membakarnya. 

Untuk membakarnya, Ninik sengaja menggunakan sabut kelapa dan dipanggang dengan alas kayu kelapa atau seperti memanggang ikan ala orang desa. Cara ini dilakukan Ninik, selain untuk mempertahankan nuansa desa, juga agar ikan tongkol yang dipanggang bisa matang luar dan dalam.

Tidak hanya itu keunikannya, Ninik juga menyajikan menu tongkol bakarnya dengan memberi aroma jahe, sehingga bagi mereka yang sedang berbuka puasa bisa bersemangat untuk menyantapnya, disamping membuat stamina segar kembali.

Menurut Ninik, untuk membakar tongkol agar enak butuh waktu setengah jam dengan cara di bolak-balik beberapa kali agar cita rasa bumbunya lebih meresap, sehingga terasa ketika menikmatinya.

"Hidangan tongkol bakar bumbu jehe ini sangat nikmat dan menghangatkan badan, cocok bagi yang sedang berpuasa," ucapnya dengan nada promosi. 

Selain rasanya pedas dan manis karena dicampur dengan kecap, hal lain yang menonjol pada citarasanya adalah campuran bubuk jahe, sehingga memberikan kehangatan pada tubuh. 

Menu tongkol bakar jahe ini bertambah nikmat jika dipadukan dengan minuman es buah atau es campur. 

"Terasa nikmat sekali," ujar seorang pelanggan menu masakan tongkol bakar jahe, Dinar.

Menurut Dinar, hampir setiap bulan Ramadhan ia selalu memesan menu tongkol bakar jahe buatan Ninik karena sangat cocok untuk menu berbuka. "Pedasnya tidak hanya terasa lombok, tapi juga perpaduan dengan jahe," ungkapnya. 

Untuk satu porsi menu tongkol bakar jahe dengan sajian nasi, tongkol, bumbu kecap jahe dijual seharga Rp7.500/porsinya. Namun, jika ingin ditambah dengan menu es buah atau es campur, cukup menambah Rp2.500.

Anda penasaran bisa mencobanya di rumah. Namun bagi warga kota santri Situbondo cukup datang ke warung sederhana milik Ninik di Desa Jangkar Kecamatan Jangkar sekitar 15 kilometer dari kota kearah timur. Sumber

0 komentar:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Leave a Message In Here

Book Store


Masukkan Code ini K1-7Y291Y-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Archives

  © Blogger template 'The Lake' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP